GMKI Cabang Bogor Peringati Hari Lahir Pancasila bertajuk "ngabuburit kebangsaan"

02 Jun 2017 09:05:10 || Penulis:PENGURUS PUSAT


GMKI.OR.ID – Dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017, ormas dan aktivis kemahasiswaan Bogor yang tergabung dalam “Forum Cinta Kebangsaan” menggelar acara ngabuburit kebangsaan di Taman Ekspresi Sempur Kota Bogor (1/6/17)

Ketua Cabang GMKI Cabang Bogor Erick Munthe mengatakan, dewasa ini semakin banyak gerakan-gerakan radikal yang ingin memecah belah bangsa, dan tidak sedikit kelompok-kelompok yang anti Pancasila, dan yang ingin merubah ideologi bangsa. Maka untuk itu sebagai pemuda, kita harus hadir mendukung pemerintah dalam menangani hal – hal seperti ini. Kita tidak boleh hanya menonton saja.

“Kegiatan kami bertemakan "Ngabuburit Kebangsaan" bertujuan untuk menyuarakan dan memeriahkan hari lahirnya Pancasila, sehingga warga Indonesia khususnya kota Bogor harus ingat dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam diri warga negara, apalagi di bulan Ramadhan ini” kata dia dalam keterangan tertulis yang redaksi terima.

Organisasi kemahasiswaan yang bergabung dalam acara tersebut yaitu PMII Cabang Kota Bogor, GMKI cabang Bogor,  GMNI Cabang Bogor,  PMKRI cabang Bogor. Adapun organisasi dari keagamaan yaitu GP Anshor, Basolia, PGIS, PGLII, Perkantas, organisasi konghucu, organisasi budha.

Dalam acara juga dibacakan “deklarasi kesetiaan Pancasila”:
Dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dan dengan keinginan luhur, kami berikrar:
1.    Tetap hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup. 
2.    Tetap mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antar sesama manusia. 
3.    Tetap menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. 
4.    Tetap mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. 
5.    Tetap bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.