Pelantikan BPC GMKI Cabang Sidikalang Bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila

02 Jun 2017 09:24:38 || Penulis:PENGURUS PUSAT


Serah terima jabatan BPC GMKI Cabang Sidikalang periode 2017-2019 dilaksanakan pada tanggal 1 juni 2017 yang bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila. Acara yang dilaksanakan di Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi, Panji Bako Sidikalang, dihadiri lebih oleh anggota, organisasi undangan dan senior members. Acara Pelantikan dan serah terima jabatan ini juga dilakukan berbentuk renungan situsional hari lahirnya Pancasila.

Pendeta Andi Lumban Gaol dalam kotbahnya menandaskan bahwa pengurus yang baru dilantik harus menunjukkan semangat baru, rencana baru dan aksi-aksi nyata dalam menghadapi persoalan kebangsaan dalam konteks di kabupaten Dairi, terlebih hari ini adalah hari lahirnya Pancasila maka semangat Pancasila dan kekristenan yang inklusif harus diwujudnyatakan dalam program-programnya serta perilaku segenap civitasnya, untuk menghadirkan syalom Allah di Bumi.

Swangro Lumbanbatu dalam sambutannya mengatakan, BPC GMKI Sidikalang harus menjaga keberagaman, karena itulah kekuatan dan kekayaan Indonesia di tengah bangsa ini.  Saat ini begitu banyak ujaran kebencian, rasa curiga, intimidasi, ancaman, gangguan dan tindakan kekerasan karena alasan perbedaan, juga tindakan kejahatan dan aksi terorisme yang menelan banyak korban dan mengganggu.

“Pelantikan yang hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, berarti ada timbul semangat baru bagi kita. Di hari lahirnya pancasila ini,  kedamaian, kenyamanan dan keutuhan persaudaraan masyarakat harus tercipta dan harus dimulai dari GMKI. GMKI Sidikalang juga harus berani menegakkan keadilan di masyarakat, gereja dan perguruan tinggi kabupaten Dairi ini. Mampu berdamai dengan semua ciptaan,  mampu menjaga dan mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong, juga bersatu meraih kejayaan negeri ini, itulah salah satu arti Pancasila yang sesungguhnya. GMKI Sidikalang juga harus memahami nilai – nilai yang tertuang dalam butir-butir pancasila,Nmempertahankan dan menegakkan  Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia ini”, tutur Swangro.

Ketua Cabang, Mensi Situmorang dalam sambutannya,  menyerukan agar seluruh Badan  Pengurus Cabang yang baru dilantik mampu memperbaiki komunikasi di tataran internal dan eksternal sehingga tugas di tiga medan layan yaitu Gereja, Perguruan Tinggi dan Masyarakat bisa dijalankan dengan baik. GMKI telah ditetapkan oleh Persekutuan Diakonia Pelangi Kasih Parongil sebagai  mitra kerja strategis hingga tiga tahun ke depan, kepercayaan ini tidak boleh disia-siakan sebaliknya harus semakin gigih membangun komunikasi dan konsolidasi organisasi.

Tidak ketinggalan, dr.Sabar Panggabean sebagai perwakilan dari Senior dalam sambutannya mengingatkan bahwa bergabung di GMKI bukan dalam rangka untuk gagah-gagahan agar terlihat hebat dengan Baret Gordon, tetapi ikut di GMKI terlebih di Badan Pengurus Cabang memanggil kita untuk lebih bertanggungjawab pada tugas sebagai Mahasiswa untuk kepentingan bangsa dan negara.