Pengurus

STRUKTUR DAN URAIAN TUGAS

PENGURUS PUSAT

GERAKAN MAHASISWA KRISTEN INDONESIA

MASA BHAKTI 2012 – 2014

I.            Pendahuluan

Struktur organisasi adalah alat perjuangan yang mencerminkan usaha dan tujuan sebagai langkah organisasi untuk mencapai tujuannya secara berkala dan berkesinambungan.

 

II.          Kerangka Struktur

Bagi GMKI, struktur kepengurusan dipandang sebagai alat pelayanan dan potensi organisasi dalam aksentuasi organisasi di ketiga medan pelayanannya. Olehnya, penyusunan struktur PP GMKI masa bhakti 2012-2014 harus mempertimbangkan beberapa aspek utama yang menjadi asas-asas penting yang akan digunakan dalam pengelolaan organisasi yakni: kebutuhan pelayanan, efisiensi dan efektifitas, fleksibilitas dan desentralisasi, pengembangan potensi kader, serta jejaring (networking).

Berdasarkan pada aspek-aspek tersebut, maka struktur Pengurus Pusat berjumlah 30 orang terdiri dari yang terdiri 15 orang pengurus harian dan 15 koordinator  wilayah. Disetiap wilayah, Koordinator Wilayah memiliki staf sesuai kebutuhan. Pengurus Harian yang berjumlah 15 orang, dengan distribusi sebagai berikut:

1.    Satu orang Ketua Umum

2.    Empat orang Ketua Bidang yang terdiri dari: Ketua Bidang Organisasi, Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohaniaan, Ketua Bidang Aksi dan Pelayanan, Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional;

3.    Satu orang Sekretaris Umum;

4.    Satu orang Wakil Sekretaris Umum;

5.    Satu orang Bendahara umum;

6.    Satu orang Wakil Bendahara Umum;

7.    Bidang-Bidang :

a.      Bidang Organisasi:

Sekretaris Fungsi Organisasi;

b.      Bidang Pendidikan Kader dan Kerohaniaan:

1.    Sekretaris Fungsi Pendidikan Kader dan Kerohaniaan;

2.    Sekretaris Fungsi Kewirausahaan;

c.      Bidang Aksi dan Pelayanan:

1.   Sekretaris Fungsi Aksi dan Pelayanan;

2.   Sekretaris Fungsi Penguatan Kapasitas Perempuan

d.      Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional:

Sekretaris Fungsi Komunikasi dan Hubungan Internasional

 

III.        Pokok Tugas Pengurus Pusat

  1. Pengurus Pusat dalam tugasnya untuk mengelola organisasi dipimpin oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum selaku penanggungjawab keluar dan ke dalam.
  2. Pengurus Pusat dalam melaksanakan tugasnya: mengarahkan, mendorong, mengkoordinasi serta memberikan pokok-pokok pikiran bagi pengembangan organisasi secara nasional dan bagi pemecahan masalah yang dihadapi oleh gereja, perguruan tinggi, dan masyarakat, dilaksanakan oleh Ketua Umum bersama dengan empat Ketua Bidang.
  3. Pengurus Pusat dalam tugasnya: mengarahkan dan menggali sumber-sumber keuangan, dilaksanakan oleh Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum. Untuk pengalokasian keuangan dilaksanakan oleh Bendahara Umum, dibantu Wakil Bendahara Umum, atas sepengetahuan Ketua Umum dan Sekretaris Umum.
  4. Pengurus Pusat dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengarah, pendorong dan pengkoordinasi program secara nasional juga bertugas mengumpulkan informasi serta melakukan evaluasi pelaksanaan program. Untuk ini, dilakukan oleh Sekretaris Umum bersama Wakil Sekretaris Umum.

 

IV.        Uraian Tugas

Ketua Umum dan Sekretaris Umum

  1. Bersama-sama bertanggungjawab atas kebijakan organisasi kedalam dan keluar secara hukum menurut konstitusi organisasi
  2. Dalam tugas pengambilan Keputusan organisasi harus selalu didasarkan pada mekanisme internal Pengurus Pusat GMKI secara terlampir.

Ketua Umum

  1. Sebagai salah satu pucuk pimpinan atau penanggungjawab organisasi maka ia memiliki fungsi untuk mengarahkan dan mengawasi keserasian hubungan kerja Pengurus Pusat GMKI dalam mengejawantahkan Garis-Garis Besar Program dan Kebijakan Umum Organisasi.
  2. Sehubungan dengan kompleksnya problematika medan gumul organisasi, maka Ketua Umum harus mengfokuskan kerja-kerjanya pada tanggungjawab eksternal organisasi dengan mempersiapkan secara konsepsional strategi organisasi dalam mengefektifkan  penampakan positioning GMKI, dan mengefektifkan kapasitas jejaring organisasi secara nasional dan internasional.
  3. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum dan Bendahara Umum mengusahakan sumber-sumber keuangan secara kontinyu serta menentukan pengalokasian keuangan Pengurus Pusat GMKI.

 

Ketua Bidang Organisasi

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan rekomendasi pemikiran dalam rangka penyusunan dan pengarahan kebijakan dan prioritas program yang berhubungan dengan  masalah-masalah bidang organisasi.
  2. Menggantikan tugas Ketua Umum dan tugas Ketua Bidang lainnya, apabila yang bersangkutan berhalangan dan/atau berdasarkan mandat yang diterima.
  3. Bersama-sama Ketua Umum memimpin persidangan Pengurus Pusat GMKI

Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan rekomendasi pemikiran dalam rangka penyusunan dan pengarahan kebijakan dan prioritas program yang berhubungan dengan masalah-masalah bidang pendidikan kader dan kerohanian
  2. Menggantikan tugas Ketua Umum dan tugas Ketua Bidang lainnya, apabila yang bersangkutan berhalangan dan/atau berdasarkan mandat yang diterima.
  3. Bersama-sama Ketua Umum memimpin persidangan Pengurus Pusat GMKI

 

Ketua Bidang Aksi dan Pelayanan

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan rekomendasi pemikiran dalam rangka penyusunan dan pengarahan kebijakan dan prioritas program yang berhubungan dengan masalah-masalah bidang aksi dan pelayanan
  2. Menggantikan tugas Ketua Umum dan tugas Ketua Bidang lainnya, apabila yang bersangkutan berhalangan dan/atau berdasarkan mandat yang diterima.
  3. Bersama-sama Ketua Umum memimpin persidangan Pengurus Pusat GMKI

 

Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan rekomendasi pemikiran dalam rangka penyusunan dan pengarahan kebijakan dan prioritas program yang berhubungan dengan masalah-masalah bidang komunikasi dan hubungan internasional.
  2. Menggantikan tugas Ketua Umum dan tugas Ketua Bidang lainnya, apabila yang bersangkutan berhalangan dan/atau berdasarkan mandat yang diterima.
  3. Bersama-sama Ketua Umum memimpin persidangan Pengurus Pusat GMKI

 

Sekretaris Umum

  1. Sebagai salah satu pucuk pimpinan organisasi maka ia memiliki fungsi untuk mengarahkan dan mengawasi keserasian hubungan kerja PP GMKI dalam mengejawantahkan Garis-Garis Besar Program dan Kebijakan Umum Organisasi.
  2. Sehubungan dengan kompleksnya problematika organisasi, maka Sekretaris Umum harus lebih memfokuskan dan mengutamakan kerja-kerjanya pada tanggungjawab internal organisasi yakni mengarahkan dan mengawasi keserasian hubungan kerja PP GMKI, serta mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengevaluasi pelaksanaan program secara keseluruhan.
  3. Bersama-sama dengan Ketua Umum dan Bendahara Umum mengusahakan sumber-sumber keuangan secara kontinyu serta menentukan pengalokasian keuangan PP GMKI.
  4. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI sebagai sekretaris persidangan.

 

Wakil Sekretaris Umum

  1. Menggantikan tugas Sekretaris Umum apabila yang bersangkutan berhalangan dan/atau atas dasar mandat yang diberikan.
  2. Membantu Sekretaris Umum dalam mengarahkan dan mengawasi keserasian hubungan kerja Pengurus Pusat GMKI, serta bersama Sekretaris Umum bertanggungjawab dalam mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengevaluasi pelaksanaan program secara keseluruhan.
  3. Mempersiapkan agenda Pengurus Pusat GMKI dan menyusun notulensi persidangan,
  4. Bertanggungjawab dalam pengelolaan kesekretariatan dan kerumahtanggaan kantor PP GMKI.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI.

 

Bendahara Umum

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan rekomendasi pemikiran dalam penyusunan kebijakan dan prioritas program keuangan.
  2. Menyampaikan posisi keuangan kepada persidangan Pengurus Pusat GMKI sekurang-kurangnya satu kali dalam satu bulan.
  3. Bersama-sama dengan Ketua Umum dan Sekretaris Umum mengusahakan sumber-sumber keuangan, dan mengalokasikan keuangan Pengurus Pusat GMKI atas persetujuan Ketua Umum dan Sekretaris Umum.
  4. Mengikuti setiap persidangan PP GMKI.

 

Wakil Bendahara Umum

  1. Menggantikan Bendahara Umum apabila yang bersangkutan berhalangan dan/atau berdasarkan mendat yang diberikan.
  2. Membantu Bendahara umum dalam melaksanakan tugas, mengusahakan sumber-sumber keuangan.
  3. Bertugas mengatur dan mempertanggungjawabkan pemakaian anggaran rutin Pengurus Pusat GMKI.
  4. Bertanggungjawab menata sistem pencatatan inventarisasi Pengurus Pusat GMKI sebagai kekayaan fisik.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI.

 

Sekretaris Fungsi Organisasi.

  1. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum mengkoordinir dan menata struktur organisasi pada tugas-tugas fungsional di cabang-cabang.
  2. Merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan program penataan organisasi, pembinaan dan pengembangan organisasi secara nasional dan sesuai dengan tugas-tugas fungsionalisasi di cabang-cabang.
  3. Melakukan evaluasi penataan struktur dan organisasi fungsionalisasi kepengurusan, penataan organisasi, pembinaan dan pengembangan cabang secara nasional.
  4. Menandatangani surat keluar bidangnya atas nama Sekretaris Umum.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI.

 

Sekretaris Fungsi Pendidikan Kader dan Kerohaniaan

  1. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum mengkoordinir dan menata sistem pendidikan kader dan kerohaniaan pada tugas-tugas fungsional di cabang-cabang.
  2. Merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan program pendidikan kader dan kerohanian secara nasional dan sesuai dengan tugas-tugas fungsionalisasi di cabang-cabang.
  3. Melakukan evaluasi tentang pendidikan kader organisasi yang dilakukan secara nasional.
  4. Menandatangani surat keluar bidangnya atas nama Sekretaris Umum.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI.

 

Sekretaris Fungsi Bidang Kewirausahaan

  1. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum mengkoordinir dan menata bidang kewirausahaan.
  2. Merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan program bidang kewirausahaan .
  3. Melakukan evaluasi tentang pelayanan kewirausahaan organisasi yang dilakukan secara nasional.
  4. Menandatangani surat keluar bidangnya atas nama Sekretaris Umum.
  5. Mengikuti setiap persidangan PP GMKI.

 

Sekretaris Fungsi Aksi dan Pelayanan

  1. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum mengkoordinir dan menata aksi dan pelayanan organisasi  pada tugas-tugas fungsional di cabang-cabang.
  2. Merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan program bidang pelayanan gereja, masyarakat dan Perguruan Tinggi
  3. Melakukan evaluasi tentang pelayanan gereja, masyarakat dan Perguruan Tinggi yang dilakukan secara nasional.
  4. Menandatangani surat keluar bidangnya atas nama Sekretaris Umum.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI

 

Sekretaris Fungsi Penguatan Kapasitas Perempuan

  1. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum mengkoordinir dan menata Penguatan Kapasitas Perempuan
  2. Merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan program bidang Penguatan Kapasitas Perempuan
  3. Melakukan evaluasi tentang Penguatan Kapasitas Perempuan
  4. Menandatangani surat keluar bidangnya atas nama Sekretaris Umum.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI

 

Sekretaris Fungsi Komunikasi Hubungan Internasional

  1. Bersama-sama dengan Sekretaris Umum mengkordinir dan menata bidang komunikasi hubungan internasional
  2. Merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan program komunikasi hubungan internasional
  3. Melakukan evaluasi tentang komunikasi hubungan internasional
  4. Menandatangani surat keluar bidangnya atas nama Sekretaris Umum.
  5. Mengikuti setiap persidangan Pengurus Pusat GMKI.

 

Koordinator Wilayah

  1. Mengarahkan dan mengkoordinasikan Pengejawantahan Garis-Garis Besar Program dan Kebijakan Umum Organisasi, dan kebijakan-kebijakan Pengurus Pusat GMKI di wilayah masing-masing.
  2. Mengusahakan pembinaan dan pembentukan cabang di wilayah masing-masing di bawah koordinasi Sekretaris Umum.
  3. Dapat mewakili organisasi dalam menyikapi isu-isu medan layanan di tingkat propinsi dan regional di wilayah kerjanya, dengan tetap berkoordinasi dengan potensi organisasi dengan cabang-cabang, dengan persetujuan dan atau mandat dari Sekretaris Umum.
  4. Menjalankan tanggungjawab Pengurus Pusat GMKI dalam menangani dan menyelesaikan seluruh permasalahan yang terjadi di wilayah kerja masing-masing.
  5. Mengikuti setiap sidang pleno Pengurus Pusat GMKI dan pertemuan-pertemuan organisasi di wilayah masing-masing.
  6. Menghadiri dan mengikuti konferensi cabang di tingkat wilayah masing-masing

 

Comments

No comments yet.

Nickname:
E-mail:
Homepage:
Comment:
 Add your comment 
Arsip Berita
Twitter Kami